BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Selasa, 16 Maret 2010

MERAWAT KENDARAAN ANDA

Oli Mesin
Periksa oli mesin anda secara berkala dan gunakan oli sesuai petunjuk. Periksa juga oli gardan dan oli persneling jangan sampai terlewat sesuai dengan petunjuk, disarankan penggantian oli setiap 1.500 km.

Tune-Up
Periksa keadaan platina, busi, saluran gas buang. Untuk menjaga kebersihan karburator, injektor dan sistem saluran bahan bakar. Bila perlu tambahkan bahan bakar yang dapat meningkatkan akselerasi mesin agar tarikan mesin lebih ringan sekaligus irit bahan bakar.

Minyak Rem
Pastikan rem mobil anda bekerja sempurna, periksa minyak rem jika kurang tambahkan minyak rem netral. Ganti minyak rem setiap 20.000 km atau satu kali setahun (mana yang lebih dulu tercapai). Periksa juga kondisi rem tangan mobil anda.

Power Steering
Periksa sistem power steering anda secara berkala. Jangan gunakan jenis minyak lain sebagai penggantinya. Untuk menjaga kelancaran dan sistem power steering lebih awet, atur ban mobil tetap dalam posisi lurus apabila parkir.

Pelumas Serba Guna
Bersihkan terminal aki, koil dan delco. Pelumas serba guna dapat menetralisir asam, sehingga mesin yang basah dapat di start lebih mudah. Pelumas serba guna juga dapat menghilangkan bunyi derit dan melancarkan engsel-engsel pintu dan jendela.

Air Wiper
Perjalanan di waktu hujan harus hati-hati, air hujan bisa mengganggu pandangan anda pada waktu mengemudi mobil. Untuk itu periksa kondisi karet wiper, tabung air wiper. Agar kaca lebih jernih tambahkan cairan pembersih kaca.

Air Radiator
Periksa radiator untuk memastikan sirkulasi air pendingin lancar. Bila perlu kuras dengan tadiator flush untuk membersihkan sisa kerak di radiator. Periksa juga fan dan tali kipas. Sangat dianjurkan penambahan cairan pendingin radiator yang sekaligus berfungsi mencegah karat, pembuihan dan melumasi water pump (pompa air) dalam radiator.

Air Aki
Periksa kondisi air accu (aki) mobil anda, sebaiknya ditambahkan air aki apabila permukaan airnya telah berkurang dan diisi sampai level yang dianjurkan, agar accu mobil anda tidak cepat rusak. Periksa juga sekering, kabel-kabel dan alternatornya. Juga terminal positif-negatif aki harus dibersihkan apabila timbul kerak-kerak warna putih. Bila perlu aki charge lagi agar stroom tetap prima.

Tekanan Ban
Periksa tekanan ban sesuai anjuran/ketentuan. Pada ban yang terlalu kempes akan terjadi efek perataan, sehingga mudah pecah dalam kecepatan tinggi. Jangan lupa ban lekas diganti apabila sudah gundul (serat didlm ban sudah terlihat).

Sporing & Balancing
Dilakukan secara rutin setiap enam bulan sekali di bengkel yang melayani hal tersebut, agar keseimbangan mobil dapat diketahui secara dini. Juga untuk menjaga kondisi mobil tetap stabil, baik kaki-kakinya maupun keseimbangan roda, sehingga perjalanan anda tetap nyaman.

Sabuk Keselamatan
Kenakan selalu sabuk keselamatan (safety belt) dalam perjalanan anda. Ini penting, sebab saat pengereman mendadak, otot lengan dan kaki tidak cukup kuat menahan berat badan anda dari benturan. Safety belt diharapkan dapat melindungi anda dari hal yang tidak kita inginkan. Dan berdo'a kepada Allah SWT selama perjalanan untuk keselamatan kita. Amiin.

Demikian penjelasan dari Prof. Dr. Montir Gadungan, STm dalam disertasinya, semoga bermanfaat bagi anda semuanyaaaaa.....oye!!



TIME IS SWORD