BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Rabu, 17 Maret 2010

MEMILIH UNIVERSITAS / PERGURUAN TINGGI


Minat
Sesuaikan pilihan program studi dengan minat atau cita-cita anda menjadi seorang insinyur, dokter, astronot atau presiden dsb. Sehingga apa yang menjadi keinginan anda sejak kecil dapat tercapai. Untuk itu pilihan minat ini sangat penting karena disesuaikan dengan karakter anda dalam bekerja kelak. Program studi yang sesuai dengan minat anda, otomatis akan mendorong semangat anda dalam belajar dan bekerja.

Biaya
Pada saat melakukan pendaftaran, tanyakan secara detail biaya apa saja yang harus ditanggung selama kuliah. Perhitungkan juga biaya eksternal lain yang akan ditanggung saat menjadi mahasiswa seperti biaya buku, biaya praktikum, biaya kos dsb.

Prospek
Saat ini banyak program studi yang ditawarkan oleh PTN, PTS, lembaga pendidikan dan universitas di luar negeri yang semuanya menjanjikan prospek masa depan yang cerah. Ada baiknya anda mempertimbangkan antara program studi yang selalu menjadi favorit, tapi pada akhirnya banyak lulusannya yang menganggur ataukah program studi yang tidak termasuk kategori favorit, tapi ketika lulus langsung dapat kerja (biasanya karena lulusannya langka, sedangkan dunia kerja masih sangat terbuka). Anda harus bisa memprediksi prospek bidang studi yang dipilih, jika nantinya memasuki lapangan pekerjaan sesudah lulus. Bertanyalah kepada orang tua, guru, teman, konsultan atau siapapun. Jangan pertaruhkan masa depan anda.

Reputasi
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, jika ingin memilih perguruan tinggi, misalnya bagaimana fasilitas belajar-mengajarnya, kualitas lulusannya dan bagaimana reputasi perguruan tinggi tersebut dikalangan pendidik.

Status Akreditasi
Status ini diberikan untuk program studi yang diselenggarakan dan bukan pada keseluruhan jurusan/program studi pada suatu perguruan tinggi. Status akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan proses belajar-mengajar.

Jenjang Pendidikan
Indonesia memiliki 2 jenjang jalur pendidikan yaitu, jalur akademik (strata 1, 2, 3) serta jalur profesional (Diploma 1, 2, 3). Jalur akademik menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan, sedangkan jalur profesional menekankan pada keahlian tertentu.

Fasilitas Pendidikan
Fasilitas utama yang perlu diketahui dalam suatu perguruan tinggi adalah seberapa baik dan bagusnya fasilitas seperti laboratorium (komputer, akuntansi, bahasa dll). Studio serta perpustakaan, ruang kuliah yang dimiliki, serta segala fasilitas yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar bagi mahasiswanya.

Demikian beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memasuki dunia perkuliahan, sehingga anda berhasil dalam menyelesaikan studi dan lulus tepat pada waktunya. Ok.


( Penulis / pemilik blog ini : alumni F. Geografi UGM / Program Studi Perenc. Pengemb Wilayah, Angkatan 1986 )



TIME IS SWORD