BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Rabu, 02 Maret 2016

TIPS MENANAK NASI AGAR PULEN DAN ENAK


Bagi sebagian orang terutama ibu-ibu atau remaja puteri, memasak nasi dengan hasil yang pulen, enak dan tidak cepat basi merupakan dambaan. Tetapi terkadang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan ?! Nasinya terlalu lembek atau keras, bahkan nasi tidak berasa dan cepat basi.

Kesalahan tentu bukan dari beras yang dimasaknya, tetapi karena pada tata cara pengolahan beras, hingga menjadi nasi. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips cara memasak nasi pulen dan rasanya enak dan tidak cepat basi.

Berikut cara memasak nasi pulen dan enak :   

  1. Cuci berasMencuci beras tidak boleh melebihi 3 kali, karena jika lebih dari 3 kali akan membuat serat dalam beras hilang, dan akan membuat wangi dari beras berkurang.
  2. Rendam Beras. Rendam dulu beras yang ingin dimasak dengan air dingin selama 1 jam. Dengan cara ini beras akan menyerap air, dan setelah dimasak, nasi akan kelihatan matang dengan sempurna.
  3. Perbandingan Beras dan Air. Ketika beras di masak, perbandingan beras dan air adalah 1:12. Bisa juga menggunakan dengan jari telunjuk kita sebagai tolak ukurnya, asalkan air sampai kubu pertama dari jari telunjuk kita sudah cukup.
  4. Agar Nasi Tambah WangiTips terpenting untuk menghasilkan nasi yang lezat dan pulen ialah langkah ini. Sebelum nasi dimasak, yaitu saat beras sudah diberi air di dalam panci penanak, tambahkan beberapa tetes minyak goreng atau minyak zaitun dan beberapa tetes cuka, tetapi jangan terlalu banyak. Manfaat minyak yaitu untuk membuat butiran nasi terlihat agak mengkilap, sementara cuka berfungsi untuk menjaga kandungan gizi didalam nasi tidak hilang selama proses menanak, selain itu cuka juga berfungsi untuk membangkitkan aroma nasi menjadi sedap.
  • Untuk anda yang sering mengalami nasi dalam penanak listrik(Rice Cooker) cepat berbau tidak sedap setelah 1 malam, dapat menambahkan 1 lembar daun pandan ke dalam beras saat menanak. Hal ini dapat membuat nasi lebih tahan lama dan tidak cepat berbau.
  • Saat menanak nasi dengan rice cooker, biasanya bagian nasi yang menempel pada permukaan panci akan mengerak atau menjadi keras, sehingga tidak dapat untuk dimakan. Coba anda lakukan cara ini supaya nasi tidak mengerak. Saat saklar atau lampu penunjuk berpindah ke posisi warm, atau menunjukan nasi sudah matang. Jangan buka tutup penanak nasi tersebut, tapi diamkan dulu selama 5 menit. Setelah itu cabut kabel colokan dari sumber listrik dan diamkan lagi selama kurang lebih 5 menit. Setelah 5 menit baru anda buka tutup penanak nasi dan aduk nasi secara merata, baru anda colokan lagi kabel listrik dan pasang pada mode warm atau pemanas. Cara ini membuat nasi lebih kenyal dan tidak mengerak.
Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu semua.......

TIME IS SWORD