Banyak orang yang merasa
tertekan dengan pekerjaannya. Melaksanakan pekerjaan kantor hanya sebagai
rutinitas, agar dapat memperoleh penghasilan semata. Saat jam kerja, selalu
menunggu jam makan siang, jam pulang, hari libur, akhir pekan, atau tanggal
gajian. Bila ini terjadi, waktu mungkin terasa lama dan Kamu enggan untuk
bekerja. Bila Kamu belum atau tidak bisa mendapatkan pekerjaan lain, Kamu dapat
berusaha untuk mencintai pekerjaan tersebut karena tentu akan lebih
menyenangkan bila kita mengerjakan hal yang disukai. Tetapi, bagaimana agar Kamu
dapat menyukai pekerjaan yang membosankan, itu???
Cara Mencintai Pekerjaan
"Love Your Job But Never Fall In Love With Your Company" sebuah
pernyataan umum yang menganjurkan orang untuk mencintai pekerjaannya dan jangan
mencintai perusahaan. Mengapa? Karena sewaktu-waktu bisa saja perusahaan
menyingkirkan Kamu kapan pun. Namun bagaimana cara mencintai pekerjaan Kamu?
Berikut ini beberapa tips menarik untuk mencintai pekerjaan Kamu.
Antusias terhadap Pekerjaan
Bila Kamu tidak menyukai pekerjaan Kamu, tentu tidak akan mudah bagi Kamu untuk
melaksanakan tugas-tugas kantor. Kamu akan merasa terbebani dengan tugas yang
diberikan sehingga hasil kerja tidak maksimal. Sebaliknya, bila seseorang
mengerjakan sesuatu yang disenangi tentu hal itu akan terasa menyenangkan,
waktu terasa singkat, dan Kamu memiliki semangat untuk mengerjakannya.
Misalnya, seseorang yang senang menggambar akan antusias bila ditugasi untuk
membuat desain rumah, menjadi arsitek, atau pekerjaan lain.
Untuk itu, bersikaplah
seolah-olah Kamu menyukai dan menikmati pekerjaan Kamu. Beri perhatian penuh
pada apa yang sedang Kamu kerjakan. Mungkin kelihatannya mustahil untuk
menyukai pekerjaan Kamu sekarang. Tetapi, paksakan diri Kamu untuk melakukan
ini. Tersenyum atau berdiri dengan tegak dapat membantu untuk dapat lebih
bersikap antusias. Hasilnya, Kamu dapat merasakan benar-benar menyukai
pekerjaan tersebut.
Lakukan yang Terbaik Hindari
menunda pekerjaan atau bersikap masa bodoh atas hasil pekerjaan Kamu. Ini dapat
membuat Kamu merasa stres akibat pekerjaan yang tidak selesai, semakin menumpuk
atau terkena omelan atasan.
Jangan melakukan pekerjaan
dengan asal-asalan tetapi berikan lebih dari apa yang diperintahkan. Tetapkan
prioritas pekerjaan agar pekerjaan yang penting bisa diselesaikan terlebih
dahulu. Kamu juga dapat memotivasi diri Kamu sendiri untuk memberikan yang
terbaik. Misalnya, Kamu dapat mencatat waktu berapa lama Kamu dapat
menyelesaikan pekerjaan atau hal lain untuk mengukur produktivitas. Kemudian,
tantang diri Kamu untuk melakukan yang lebih baik lagi dalam tugas berikutnya.
Melakukan Lebih Bila
mendapat tugas, jangan merasa puas karena melakukan apa yang diharapkan. Nilai
plus dari atasan dan kepuasan bisa didapatkan bila Kamu kreatif untuk lebih
memperindah pekerjaan Kamu. Misalnya, dengan menambah informasi pendukung
ketika ditugasi untuk mengolah suatu data. Atau bila Kamu menyukai teknologi
tetapi Kamu bekerja di bagian akunting, Kamu dapat mencari terobosan teknologi
yang dapat membantu Kamu menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.
Lihat Sisi Positif Walau Kamu
merasa pekerjaan sangat menjenuhkan, tidak pernah selesai, atasan yang galak,
atau rekan kerja yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk melihat hal positifnya.
Bandingkan keadaan kita dengan orang lain yang tidak seberuntung kita.
Bagaimana orang-orang yang masih belum mendapat pekerjaan, orang-orang yang
pekerjaan lebih berat dari kita, atau bagaimana orang yang penghasilannya tidak
sebanyak kita.
Cobalah mengingat bagaimana
saat Kamu berusaha mendapatkan pekerjaan ini, misalnya bagaimana saat itu Kamu
harus naik kendaraan umum, bagaimana pertama kali Kamu belum mengenal rekan
kerja lainnya, ketika Kamu masih bingung dengan pekerjaan yang harus dilakukan.
Mengingat perjuangan ini dapat membantu Kamu lebih mencintai pekerjaan.
Teruslah Belajar Tugas
kantor terasa berat mungkin karena Kamu belum sepenuhnya mengerti. Seorang
pekeja yang merasa berat saat ditugasi membuat suatu pekerjaan, bisa jadi
karena dia belum sepenuhnya memahami konsep tentang pekerjaan tersebut.
Misalnya seseorang ditugasi membuat laporan di Excel dengan pivot table, tentu
bukan hal yang biasa, tapi bisa dipelajari.
Maka, untuk menambah
pengetahuan, Kamu dapat mencari tahu lebih banyak dari Internet, buku, atau dari
orang lain yang lebih memahaminya. Bila memungkinkan, Kamu dapat pula mengikuti
kursus-kursus. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan contoh-contoh yang ada.
Dengan mengetahui lebih banyak, Kamu akan lebih mudah melakukannya.
Beri Penghargaan Bila Kamu
tidak mendapatkan penghargaan dari orang lain ketika Kamu berhasil melaksanakan
tugas yang diberikan, Kamu dapat memberikan penghargaan untuk diri sendiri. Kamu
dapat memberi pujian untuk diri sendiri untuk target yang dicapai atau
merayakan keberhasilan Kamu. Tentu saja, hal ini jangan dilakukan secara
berlebihan.
Hindari sikap untuk membenci
pekerjaan Kamu karena ini akan membuat Kamu semakin tertekan, merasa stres dan
hasil pekerjaan tidak maksimal. Berusahalah untuk belajar mencintai pekerjaan Kamu
untuk hasil pekerjaan yang lebih baik. Dengan hasil pekerjaan yang baik,
pekerjaan tidak menumpuk, Kamu dapat memperoleh kepuasan, pujian dari atasan,
promosi jabatan dan bukan tidak mungkin memperoleh gaji yang lebih baik lagi. Selamat bekerja..en.... sukses.....bro !!!