BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Jumat, 18 Maret 2016

LIMA LANGKAH MENCAPAI SUKSES


Apabila Kamu sudah memiliki suatu rencana untuk melakukan hal-hal yang ingin Kamu lakukan atau memiliki rencana untuk memiliki rumah atau aset lainnya. Untuk dapat mewujudkan keinginan Kamu, salah satu yang harus Kamu lakukan adalah perlunya mengelola keuangan Kamu dengan baik, sehingga rencana Kamu dapat terwujud, bro...!?

Rencana Kamu tahun ini mungkin sama dengan rencana Kamu di tahun lalu. Tetapi karena kurangnya perencanaan sampai akhir tahun, maka rencana tinggal rencana. Cita-cita Kamu...menjadi Presiden...eeh, menantu Presiden...dsb mungkin untuk sementara waktu harus ditunda dulu ! Untuk memiliki tabungan, melunasi hutang, memiliki rumah atau kendaraan belum tercapai, khan ?. Kamu belum dapat mewujudkan rencana Kamu. Maka, jangan biarkan tahun ini berlalu tanpa ada hal berharga yang bisa Kamu dapatkan. Mengelola keuangan membutuhkan disiplin...bro!!! Lakukan hal-hal berikut untuk mengelola uang Kamu.......

1. Menabung Prioritaskan untuk menabung. Bagi sebagian orang ini hal yang cukup sulit karena merasa penghasilan mereka masih kurang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari sehingga rasanya mustahil untuk menabung. Tetapi, dalam mengelola keuangan, ini adalah hal utama yang harus dilakukan. Caranya adalah dengan dengan segera menyimpan uang setelah gajian. Kamu dapat menyimpannya di bank atau di tempat yang cukup aman. Menyisihkan sebagian uang akan membantu untuk mengurangi keinginan untuk membelanjakannya. 

Besarnya uang yang ditabung, minimal 5% dari penghasilan. Segera sisihkan bagian ini. Kamu dapat pula mengikuti program-program yang ada di bank dimana setiap bulannya akan didebet sejumlah uang atau Kamu wajib menyetorkannya.

2. Anggaran Anggaran mencatat bagaimana penghasilan digunakan. Membuat anggaran akan membantu untuk memantau, mengendalikan bahkan mengurangi pengeluaran Kamu. Dengan mengetahui kemana saja atau dibelanjakan apa saja penghasilan, Kamu akan terbantu untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Kamu.

Agar tujuan keuangan Kamu tercapai, maka jangan biarkan pengeluaran Kamu lebih besar dari pemasukan atau besar pasal daripada tilang....eeeh, salah..uupss..!! Besar pasak daripada tiang. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Seringkali, yang kita belanjakan adalah hal-hal yang kita inginkan padahal belum tentu hal itu benar-benar kita perlukan. Ingat, bahwa ada tujuan-tujuan finansial yang ingin Kamu capai.

3. Perencanaan Penting agar Kamu membuat perencanaan. Misalnya seperti yang sudah Kamu rencanakan untuk memiliki rumah atau apartemen. Jika belum memiliki sejumlah uang untuk membelinya, dapat dengan mencicil. Hanya saja, pastikan perhitungan Kamu dengan tepat agar Kamu tidak terlilit hutang yang tidak perlu.

Baik juga jika tulang punggung merencanakan untuk ikut asuransi yang dapat melindungi keluarga agar jika terjadi hal yang buruk tidak terlalu mempengaruhi keuangan. Orang tua juga dapat merencanakan untuk dana pensiun agar selanjutnya tidak membebani anak mereka.

4. Investasi Memilih investasi yang tepat dapat menambah pundi-pundi tabungan Kamu. Sebelum memulai investasi, sebaiknya pelajari dahulu tentang investasi tersebut agar Kamu lebih memahami dan tidak ditipu. Sebaiknya pilih investasi yang aman dengan tambahan yang rasional. Jangan cepat tergiur dengan bunga atau hasil dari investasi yang berlebihan.

5. Seimbang Jangan korbankan kesehatan fisik atau emosi keluarga hanya semata-mata ingin mengumpulkan kekayaan. Jika sakit atau terjadi masalah dalam keluarga, tidak akan ada kedamaian batin yang dimiliki. Akibatnya, pikiran menjadi kacau dan mungkin ada banyak uang yang dikeluarkan untuk mengatasi masalah ini.

Lima langkah tersebut akan membantu Kamu mencapai cita-cita finansial dan membuat hasil kerja keras Kamu tidak sia-sia. Membantu Kamu memiliki harta sebagai buah dari hasil kerja keras yang dapat dinikmati. Kehidupan tidak menentu. Maka, saat Kamu masih memiliki kesempatan untuk menyisihkan penghasilan Kamu, lakukan hal itu agar tidak menyesal dikemudian hari........

TIME IS SWORD