BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Selasa, 20 April 2010

WISATA KE SINGAPORE

Penulis kemarin baru pulang dari "kunjungan kerja atau studi banding" (istilah keren bagi pejabat-pejabat di negeri ini ) atau isilah gampangnya menurutku, jalan-jalan ke luar negeri, gitu aja, kok repot !!?

Penulis baru saja pulang dari Singapore, sobat ! Nah.. disini aku akan bercerita buat pembaca atau sahabat2ku yang super...dan ruaaarrr biasa ?! Menurut catatanku ternyata di negeri Singa ini, meski tidak terlalu luas, namun mempunyai daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan. Segi positif yang dapat kita contoh mengenai kedisiplinan dan kebersihan lingkungan. Negeri Singapore yang memang tidak seluas negara kita, namun penataan lingkungan dan kebersihannya perlu kita contoh. Semenjak dari Changi Airport, aku merasakan kedisiplinan masyarakat yang tinggi, sehingga orang akan malu sendiri atau kena denda, apabila melanggar aturan yang ada.

Selama
perjalanan keliling kota, nampak penataan taman kota yang indah dan terawat, gedung dan bangunan yang menjulang tinggi tertata dengan rapi serta modern. Pertokoan dengan model bangunan yang modern banyak bertebaran serta suasana malam yang dipenuhi cahaya lampu berwarna warni gemerlapan disana-sini. Lingkungan disekitar jalan dipenuhi pepohonan hijau, bunga-bunga tumbuh dan terawat dengan baik, kayaknya gak ada polusi dari asap kendaraan ataupun kemacetan di kota Singapore.

Begitu juga dengan fasilitas tempat-tempat wisatanya, semua tertata dan terencana dengan baik. Tempat-tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi turis, seperti : Universal Studio, Bugis Street, Marina Square, Vivo City, China Town, Little India, Orchard Rd, Arab Street, Mustafa Center, Marina Square, Merlion, Singapore Flyer. Bahkan selama jalan-jalan sore aku belum pernah menjumpai kertas tissu, bungkus rokok atau bungkus permen berserakan di jalanan. Lalu penulis mencoba naik kereta listrik bawah tanah (MRT) keliling Singapore, disini penulis merasakan betapa kesadaran masyarakat dan kedisiplinan menjaga fasilitas umum demikian besar.

Ketika sore hari penulis sedang duduk-duduk di sebuah taman depan pertokoan disekitar Orchard Rd, teringat akan pesan Rasullulah dalam hadist yang berbunyi :

"Kebersihan adalah sebagian dari iman "


Hadist tersebut mengingatkan kita untuk berperilaku bersih, karena dengan perilaku bersih akan menjadikan kita sehat jasmani dan rohani, serta dengan menjaga kebersihan akan menimbulkan keindahan lingkungan dan kesenangan batin.

Demikian oleh-oleh dari penulis saat jalan-jalan ke Singapore, buat pembaca yang budiman. Semoga bermanfaat !


TIME IS SWORD