BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Senin, 02 Juli 2012

MEMILIH KAMERA DIGITAL YANG TEPAT

Kamera digital mungkin sebagian orang sudah punya tetapi bila anda masih belum memiliki atau mungkin berencana untuk membeli kamera digital dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk melihat tips-tips berikut ini.

Tentukan anggaran untuk membeli kamera digital  atau paling tidak buat perkiraan anggaran yang sesuai dengan kantong anda.
Coba pikirkan, apa yang anda foto dengan kamera digital yang baru, apakah untuk memfoto anak-anak, keluarga atau pemandangan. Sebagai contoh, bila anda lebih sering memfoto kegiatan olahraga atau anak-anak, mungkin anda butuh kamera digital yang mempunyai "speed" atau kecepatan yang baik atau tinggi.
Apakah anda termasuk pemula atau profesional, bila anda masih pemula, sebaiknya mencari kamera digital yang mudah digunakan dengan banyaknya setting yang otomatis sehingga tidak perlu repot atau bahkan beresiko gagal pada saat anda memfoto.
Apakah anda akan banyak mencetak foto yang ada dan sering mencetak dalam ukuran besar? Bila kebanyakan untuk foto maksimum ukuran 4R (standar) maka resolusi foto 2 megapixels sudah lebih dari cukup. Dan ingat, semakin besar resolusi sebuah kamera digital, semakin mahal harganya.
Pertimbangan lainnya dalam memilih kapasitas megapixels yang besar adalah apakah hardisk di komputer anda masih mempunyai ruang yang besar? Semakin besar resolusinya, semakin besar ukuran file dan semakin butuh banyak ruang di hardisk, kecuali anda akan menyimpannya di CD.
Kartu memori yang digunakan, walaupun sudah cukup murah tapi tidak ada salahnya melihat gadget (PDS, ponsel dan lainnya) yang anda gunakan sekarang, apakah menggunakan kartu memori yang sama sehingga mungkin anda tidak perlu lagi membeli kartu memori untuk kamera digital anda
Pertimbangkan fitur-fitur umum yang ada dan apakah anda membutuhkannya misalnya optical zoom sampai lebih dari 3 kali untuk foto sesuatu dengan jarak jauh, Close Up untuk foto dari jarak dekat dan benda kecil.
Setelah pertimbangan diatas, tentukan 2-3 model yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Tanya kepada teman atau bisa mencarinya di internet mengenai model-model yang akan anda beli, usahakan mencari informasi dari sesama pengguna karena opini mereka lebih objektif, jangan tanya ke penjualnya karena pasti mereka bilang bagus.
Setelah itu, kunjungi toko kamera dan mencoba semua model yang telah dipilih, perhatikan bentuk fisik, apakah kecil, besar, ringan atau berat? apakah mudah dibawa dan disimpan di dalam kantong dan sebagainya.
Usahakan selalu membeli kamera digital yang mempunyai pusat pelayanan resmi di Indonesia karena bila tidak, anda akan kerepotan bila suatu saat kamera digital anda rusak.
Jangan lupa untuk meminta dan mengisi kartu garansi (warranty card) untuk perlindungan kamera digital anda bila suatu saat rusak.
Berikut tips lainnya:
Pastikan display LCD yang ada cukup terang dan mudah dilihat dalam kondisi di bawah sinar matahari karena bila tidak cukup baik, anda akan kesulitan untuk melakukan foto di luar ruangan (outdoor)
Jenis baterai yang digunakan biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu baterai isi ulang dan baterai kering (dry battery), masing-masing mempunyai keunggulan seperti baterai kering walaupun tidak tahan lama dibandingkan dengan baterai isi ulang, setidaknya dengan baterai kering akan memudahkan kita untuk mencari penggantinya.
Bila anda sering melakukan foto pada malam hari, mungkin kamera digital yang bisa menggunakan flash tambahan merupakan alternatif terbaik untuk anda pilih.

TIME IS SWORD