BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Sabtu, 02 Mei 2020

KUPAS TUNTAS CARA MENGATASI MASALAH POWER STEERING

Sistem power steering mobil Timor masih menggunakan sistem hidraulic atau tekanan minyak dlm sistem kerja nya. Yg terdiri dari komponen rack steering (yg di dlm nya ada gearbox ps, pinion, dan as rack steer).
Pompa ps perangkat yg memompa minyak utk menekan as ps pada rack agar meringankan setir ketika berakselerasi belok ke kanan atau ke kiri, dan tentu saja selang yg berfungsi mengirim hasil tekanan minyak dari pompa ke rack steering.
Menganalisa trouble shoot pada power steering.
1.  Minyak selalu berkurang : pada trouble ini langkah pertama cek secara penampakan rembesan minyak yg terlihat di bagian mana, jika terjadi rembesan basahan minyak pada selang, ya tinggal ganti selang, kalo rembesan terjadi pada as rack steer brarti mslh terjadi pada seal as racksteer yg udh rusak. Mengatasinya perlu bbrpa langkah analisa, pertama cek kondisi as rack steer, awal mulanya seal as rusak biasa nya selain faktor usia, banyak penyebab lain nya, bisa dari as rack steer yg udh ada cacat atau baret, atau bisa juga karena masuknya kotoran atau gram ke tabung rack steer yg terbawa oleh minyak ps. Makanya disarankan selalu menguras minyak ps secara berkala agar kotoran pada minyak bisa terbuang dan menjaga minyak tetap bersih utk mengurangi resiko baret nya as rack steer dan rusak nya seal. Jika setelah di cek as rack ada yg cacat jgn lantas langsung di ganti sealnya aja,ga bakalan awet seal akan jebol lagi dan lagi karna terkena gesekan baret as, solusinya selain mengganti as nya, bisa juga di lakukan dgn meng’hard chrome as agar kembali mulus.

2.  Power steering terasa berat padahal minyak utuh dan tdk ada kebocoran. Utk kasus seperti ini analisa nya ada bbrpa langkah, pertama coba putar2 setir ketika mesin lansam, lalu gas mesin sampe rpm 4rb, apakah ada perbedaan pada ke’entengan nya?? Klo ada perbedaan antara ketika rpm rendah dgn rpm tinggi, kemungkinan besar mslah ada di pompa yg sudah tdk stabil dlm menyuplai minyak. Jika tdk ada perbedaan, kemungkinan besar mslah ada di sistem pembagi minyak ps pada racksteer yg bermasalah, perangkatnya yaitu pinion, dmn fungsi pinion membagi tekanan minyak sesuai arah gerakan setir. Trouble nya bisa dari seal fiber nya yg udh lemah, atau bisa juga dri tersumbatnya jalur2 minyak pada pinion.

3.    Suara mendengung ketika setir di belokan,padahal minyak dlm kondisi normal dan tidak berkurang. utk kasus ini masalah ada di selang ps bisa dari yg high maupun yg low preesure. Dengung di akibatkan suplai minyak dri pompa yg tekanan nya tinggi tertahan di jalur selang karna tdk sesuai nya spesifikasi selang, pda kasus ini jgn bertumpu pada baru atau tdk nya kondisi selang, tapi cek kriteria selang nya, ukuran selang utk ps timor hrus yg memiliki kekuatan tekanan min. 3500psi dan yg high temperatur aga tetap konstan nya fungsi selang mskipun dlm keadaan panas. 

4. Putaran stir terasa oblak atau ada space, utk kasus ini mslh bisa dari joint stir yg udahoblak, atau bisa juga dri stelan as racksteer yg kurang kenceng, dmn stelan nya juga berpengaruh pada berat atau enteng nya setir. Demikian cara mengatasi kerusakan power stering semoga bermanfaat, boskuuu?!

TIME IS SWORD