Sistem power steering mobil Timor masih menggunakan sistem
hidraulic atau tekanan minyak dlm sistem kerja nya. Yg terdiri dari komponen
rack steering (yg di dlm nya ada gearbox ps, pinion, dan as rack steer).
Pompa ps perangkat yg memompa minyak utk menekan as ps pada rack
agar meringankan setir ketika berakselerasi belok ke kanan atau ke kiri, dan
tentu saja selang yg berfungsi mengirim hasil tekanan minyak dari pompa ke rack
steering.
Menganalisa trouble shoot pada power steering.
Menganalisa trouble shoot pada power steering.
1. Minyak selalu
berkurang : pada trouble ini langkah pertama cek secara penampakan rembesan
minyak yg terlihat di bagian mana, jika terjadi rembesan basahan minyak pada
selang, ya tinggal ganti selang, kalo rembesan terjadi pada as rack steer
brarti mslh terjadi pada seal as racksteer yg udh rusak. Mengatasinya perlu
bbrpa langkah analisa, pertama cek kondisi as rack steer, awal mulanya seal as
rusak biasa nya selain faktor usia, banyak penyebab lain nya, bisa dari as rack
steer yg udh ada cacat atau baret, atau bisa juga karena masuknya kotoran atau
gram ke tabung rack steer yg terbawa oleh minyak ps. Makanya disarankan selalu
menguras minyak ps secara berkala agar kotoran pada minyak bisa terbuang dan
menjaga minyak tetap bersih utk mengurangi resiko baret nya as rack steer dan
rusak nya seal. Jika setelah di cek as rack ada yg cacat jgn lantas langsung di
ganti sealnya aja,ga bakalan awet seal akan jebol lagi dan lagi karna terkena
gesekan baret as, solusinya selain mengganti as nya, bisa juga di lakukan dgn
meng’hard chrome as agar kembali mulus.
2. Power steering terasa
berat padahal minyak utuh dan tdk ada kebocoran. Utk kasus seperti ini analisa
nya ada bbrpa langkah, pertama coba putar2 setir ketika mesin lansam, lalu gas
mesin sampe rpm 4rb, apakah ada perbedaan pada ke’entengan nya?? Klo ada
perbedaan antara ketika rpm rendah dgn rpm tinggi, kemungkinan besar mslah ada
di pompa yg sudah tdk stabil dlm menyuplai minyak. Jika tdk ada perbedaan,
kemungkinan besar mslah ada di sistem pembagi minyak ps pada racksteer yg
bermasalah, perangkatnya yaitu pinion, dmn fungsi pinion membagi tekanan minyak
sesuai arah gerakan setir. Trouble nya bisa dari seal fiber nya yg udh lemah,
atau bisa juga dri tersumbatnya jalur2 minyak pada pinion.
3.
Suara mendengung
ketika setir di belokan,padahal minyak dlm kondisi normal dan tidak berkurang.
utk kasus ini masalah ada di selang ps bisa dari yg high maupun yg low
preesure. Dengung di akibatkan suplai minyak dri pompa yg tekanan nya tinggi
tertahan di jalur selang karna tdk sesuai nya spesifikasi selang, pda kasus ini
jgn bertumpu pada baru atau tdk nya kondisi selang, tapi cek kriteria selang
nya, ukuran selang utk ps timor hrus yg memiliki kekuatan tekanan min. 3500psi
dan yg high temperatur aga tetap konstan nya fungsi selang mskipun dlm keadaan
panas.
4. Putaran stir terasa oblak
atau ada space, utk kasus ini mslh bisa dari joint stir yg udahoblak, atau bisa
juga dri stelan as racksteer yg kurang kenceng, dmn stelan nya juga berpengaruh
pada berat atau enteng nya setir. Demikian cara mengatasi kerusakan power stering semoga bermanfaat,
boskuuu?!