BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Selasa, 30 Juni 2015

MAKNA PUASA RAMADHAN


Marhaban Ya Ramadhan, saatnya telah datang bagi kaum muslimin dan muslimat untuk menunaikan ibadah berpuasa dibulan suci Ramadhan. Bagaimana persiapan kamu untuk menghadapinya, apakah kamu telah menyiapkan segala sesuatunya dengan sempurna termasuk dengan niatnya? Puasa adalah merupakan ajang bagi kaum muslimin untuk semakin meningkatkan ibadah serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengapa demikian?? Berikut penjelasannya.............?!!

Pertama, bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial karena pada bulan ini Al-Qur'an diturunkan pertama kalinya. Dan yang lebih istimewanya lagi, selain kitab suci umat Islam ini, kitab-kitab suci lainnya juga diturunkan pada bulan yang sama.

Kedua, puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi semua umat muslim di dunia selama satu bulan penuh. Keistimewaan Ramadhan juga diperkuat oleh Al-Qur'an yang hanya menyebutkan Ramadhan sebagai satu-satunya bulan yang disebut dalam Al-Qur'an. (QS al-Baqarah [2]: 185).

Ketiga, bulan Ramadhan adalah bulan di mana malaikat Jibril menemui Nabi SAW dan mengajaknya bertadarus bersama dari awal hingga akhir.

Keempat, Ramadhan adalah bulan suci dimana semua pintu berkah dan segala rahmat serta kebaikan dibuka selebar-lebarnya kepada kaum muslimin yang bertakwa.

Kelima, Allah menjanjikan syurga kepada hambanya yang berpuasa di bulan Ramadhan hanya semata-mata karena iman dan mengharapkan keridhoan dari-Nya. 

Keenam, bulan Ramadhan sedianya menjadi bulan dimana umat Islam dianjurkan untuk membelanjakan hartanya di jalan kebaikan serta memperbanyak bersedekah kepada fakir miskin dan orang-orang yang tidak mampu.

Ketujuh, shaum atau berpuasa pada hakikatnya adalah guna melatih diri untuk menjadi manusia yang lebih bertakwa dan jauh lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan kita dituntut untuk senantiasa bersikap sabar, berperilaku bijak dan mampu menahan segala emosi disamping juga menahan lapar dan dahaga di bulan suci ini. 

Kedelapan, hanya di bulan Ramadhan, setiap kebaikan dan ibadah akan dilipat gandakan pahalanya.

Kesembilan, bulan Ramadhan ditutup dengan hadirnya Idul Fitri. Inilah Hari Kemenangan bagi seluruh umat Islam karena pada hari inilah datangnya kegembiraan serta kebahagiaan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.
  
Demikian penjelasan makna puasa bulan Ramadhan yang telah tiba, semoga kita dapat memperoleh karunia dan mendapat pahala yang melimpah dengan banyak melakukan ibadah. Amiiin ya rabbal alamiin......!!

TIME IS SWORD