BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Minggu, 11 November 2012

MANFAAT MENDENGARKAN MUSIK



 
Musik memang bukan hanya sebagai hiburan saja, tetapi tanpa disadari alunan musik dapat membuat kita akan semakin konsentrasi dan memerikan perubahan suasana hati. Berikut ini adalah manfaat mendengarkan musik dengan kesehatan.
1. Meningkatkat Mood (suasana hati)
Mendengarkan musik yang kamu sukai atau yang kamu favoritkan bisa memcairkan suasana hati yang buruk. Memang reaksi setiap orang mendengarkan musik berbeda-beda. Tetapi penelitian di Kanada telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik favorit kamu bisa membuatmu lebih baik dari rasa gelisah dan kegalauan yang ada pada hati kamu.
Sebuah penelitian dari McGill University Montreal menunjukkan bahwa saat mendengarkan musik, dapat memicu pelepasan hormon dopamin. “Otak begitu rumit dalam membuat perasaan menjadi senang, sungguh tidak mengherankan bahwa penelitian menunjukkan bahwa pelepasan hormon dopamin berhubungan dengan rasa senang”.
2. Fokus
Banyak sekali bukti bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kefokusan kita. Ada orang yang belajar ia bisa berkonsentrasi dengan mendengarkan musik dan ada juga yang tidak. Hal ini bergantung kepada orang-orang tersebut.
3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat mendengarkan musik selanjutnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mendengarkan musik memang bisa membuat anda bisa berlari dengan cepat, hal ini tergantung dengan jenis musik yang kita dengarkan, jika kita mendengarkan musik yang irama nya cepat maka jantung kita juga akan berdegup cepat dan bisa berlari kencang. Sebuah penelitian di London mengatakan bahwa manfaat mendengarkan musik lainnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15%, serta meningkatkat semangat 1-2%.
4. Kesehatan Mental dan Meredakan Stress
Manfaat mendengarkan musik yang ke empat adalah kesehatan mental dan meredakan stress. Sebuah riset pada tahun 2011 dari sebuah lembaga kesehatan mental menunjukkan bahwa hampir dari 1/3 orang yang mendengarkan musik dapat memberikan semangat untuk bekerja. 1 dari 4 orang juga mengaku manfaat mendengarkan musik lainnya yaitu dapat meredakan stress dalam perjalanan. Musik memang pengobatan yang sangat baik bagi orang-orang yang bermasalah dengan kesehatan mental karena dapat memicu otak untuk berfikir lebih baik dan tubuh yang akan relaksasi.
5. Perawatan Bagi Pasien
Musik memang sangat banyak sekali manfaatnya. Manfaat mendengarkan musik yang terakhir yaitu perawatan bagi pasien. Maksudnya yaitu musik membawa dampa positif bagi pasien-pasien yang mempunyai penyakit jangka panjang seperti kanker, jantung, maupun penyakit lainnya. Banyak percoabaan-percobaan yang telah dilakukan, musik dapat membantu menurunkan detak jatung dan juga dapat menaikkan adrenaline. Ini juga tergantung pada jenis musik yang akan di dengarkan. Dr.Williamson mengatakan bahwa “Musik sangat berguna bagi seseorang dimana ia sedang kehilangan kontrol diri”.
Demikianlah  artikel  manfaat  mendengarkan  musik,  semoga  bermanfaat  bagi kita untuk menambah wawasan dan ilmu. Ok...coy !

TIME IS SWORD