BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Sabtu, 06 Juni 2020

5 TANDA KECANDUAN SMARTPHONE DAN CARA MENYEMBUHKANNYA



Sejatinya smartphone diciptakan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari serta melancarkan komunikasi. Namun, apa jadinya bila kamu sudah mengalami kecanduan smartphone? Berikut ini 5 tanda kecanduan smartphone dan cara menyembuhkannya, termasuk untuk teman kamu.

1    1. Selalu tahu dimana smartphone berada

Di mana letak smartphone kamu sekarang? Ya, kamu akan selalu tahu di mana keberadaan dari smartphone itu berada. Seorang kolumnis yang mengaku kecanduan smartphone menyebutkan bahwa tidak hanya mengetahui, namun smartphone itu selalu melekat bersamanya. “Tidak hanya itu, bahkan akan selalu membawanya setiap saat. Baik itu digenggaman tangan maupun di kantung celana.

2    2. Tidak pernah membuat smartphone “diam”

Fitur diam atau mode silent, kamu anggap tidak berguna karena tidak pernah memakainya. “Kamu enggak pernah mematikan nada deringnya ke mode silent,” . Bahkan saat malam hari, jika mengubahnya ke mode silent, kamu merasa takut melewatkan informasi penting atau menarik.

3. Tidur bersama smartphone

3  Biasanya ditaruh dibawah bantal kamu, setelah seharian melekat didalam kantongmu bersamamu dan kamu tidak ingin tidur sendirian. Entah karena takut hilang atau hal lain. “Kamu tidur bersama smartphone yang sedang di-charge. Baik smartphone itu kamu simpan disebelah tempat tidur atau bersama kamu di atas kasur.

4    4. Ada saja alasan untuk cek smartphone

Mulai dari cek media sosial, email, atau sekedar scroll-scroll melihat image gallery. Kamu tidak akan bisa menahan untuk tidak membuka smartphone. “Meskipun sedang bersama teman atau keluarga, bahkan kamu siap untuk meladeni chat atau panggilan telepon sepanjang malam alias begadang malam gitu…gues ??! (mungkin sudah menjadi kebiasaan kamu, yaah !?)

5    5. Menyangkal : “Ah..akoe tidak begitu …kok !!

Kamu akan menjadi pribadi yang menyangkal,”Apalagi ketika seorang teman menyebutkan bahwa kamu adalah orang yang kecanduan smartphone, karena sering memeriksa perangkat tersebut secara berulang-ulang. Sebaiknya, kamu mulai menyadarinya, bos !!  Sebab, selain memaparkan tanda kamu……telah kecanduan smartphone.

Maka dari itu …….Langkah mudah agar kamu bisa memperbaiki diri dari ketergantungan terhadap smartphone yang kamu cintai ituuu !! Mungkin hal-hal berikut ini bisa kamu terapkan :

   Mulai kontrol penuh terhadap penggunaan smartphone.

   Tinggalkan smartphone di rumah saat bepergian singkat, baik itu satu hingga dua jam.

   Konsentrasikan hidup kepada obrolan di dunia nyata untuk meningkatkan sosialisasi.

   Tinggalkan juga smartphone di dalam tas, sehingga kamu hanya perlu memeriksa smartphone ketika ingin atau keperluan yang sangat penting.

   Pelajari situasi kapan kamu akan memeriksa smartphone.

   Catat agar tidak lupa. “Ingat selalu perasaan tersebut agar kamu bisa selalu cek dan ricek di kemudian hari.  

   Setelah kamu berhasil terlepas dari kecanduan tersebut diatas, maka  tidak ada salahnya  menyarankan agar kamu membantu temanmu  untuk lepas dari hal tersebut.

Perhatikan langkah-langkahnya…..bosku:

   Yakinkan, kamu bersama mereka, mengobrol, bercanda, atau sibukkan diri kalian dengan aktivitas-aktivitas fisik. Hal ini membuat temanmu lupa dengan smartphone yang dibawa.

   Buat teman kamu merasa bersalah, tegur apabila ia sedang menggunakan smartphone ketika sedang berada dihadapan kamu, atau ketika sedang mengobrol.


   Beri batasan yang jelas, kapan harus memeriksa smartphone. Ini bukan berarti memberi aturan yang ketat, tapi pastikan mereka tidak memalingkan muka ketika kalian ngobrol.

Semoga bermanfaat dan bosku, segera terbebas dari kecanduan smartphone !!

TIME IS SWORD