BLOG INI.........DIPUBLIKASIKAN SEJAK 30 JANUARI 2010..........Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar....... Astaghfirullaahal 'adzhiim, walil muslimiina wal muslimaat.....Mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah......Amiin yaa rabbal alamiin.....Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.......Ya Allah, lindungilah negeri ini dari kejahatan maupun perbuatan serta persengkokolan orang-orang munafik........SEMOGA ALLAH SWT MERIDHOI AMAL & KEBAJIKAN YANG KITA LAKUKAN....AMIIN YAA RABBAL ALAMIIN...HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID.........

>

Sabtu, 09 November 2013

MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR

Dalam kehidupan ini dibutuhkan, apa yang dinamakan motivasi, karena dengan motivasi inilah yang menjadi pendorong atau tenaga untuk berusaha meraih cita-cita kamu. Motivasi belajar dibutuhkan, agar kamu lebih giat dalam belajar dan berinovasi menghasilkan karya yang positif. Barangkali uraian berikut ini dapat membantumu, menumbuhkan motivasi belajar kamu. 

1.    Menetapkan Visi
Dalam belajar kamu musti memiliki visi yang jelas. Untuk apa kamu belajar? Apa yang diharapkan begitu kamu menyelesaikan studimu? Dengan demikian, kamu tidak akan asal saja dalam menjalani proses studi. Best and The First dalam setiap bidang yang kamu geluti. Kebiasaan baik belajar secara rutin ini, bisa kamu jadikan motivasi, agar memiliki mental juara.

2.    Belajar bukan karena paksaan
Jadikan belajar seolah-olah sebagai makananmu, dimana kamu akan lapar jika tidak melakukannya. Lalu, bagaimana caranya agar belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan, bukan suatu paksaan. Memang, awalnya ini seperti sebuah pengorbanan. Namun jika kamu menjalaninya dengan ikhlas, maka lama kelamaan kamu akan bisa menikmati proses belajar, bahkan ketagihan. Seperti halnya kalimat berikut: “Kebahagiaan adalah mereka yang berani bermimpi dan berani berkorban demi mewujudkan mimpinya”.

3.    Fokus
Sebuah ungkapan yang sangat bagus untuk memotivasimu adalah : “kehidupan tidak akan pernah menjadi luar biasa tanpa fokus, dedikasi dan disiplin”. Dengan fokus, maka akan membuatmu lebih tajam dalam menentukan sasaran. Ibaratnya, sinar matahari tidak akan bisa membakar kertas, akan tetapi jika sinar matahari ini difokuskan lewat sebuah kaca pembesar, sinar ini mampu membakar tidak hanya kertas, tapi bahkan benda lain pun bisa terbakar atau meleleh.

4.    Pantang menyerah
Setiap orang pernah mengalami kegagalan, mungkin kamu juga pernah mengalaminya. Bisa jadi kamu sudah bersusah payah/berjuang, belajar & berusaha, namun kamu tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Maka kamu tidak harus menyerah, coba kamu simak kalimat ini : “Kesuksesan akan mendatangi siapa saja yang tidak takut terhadap kegagalan.” Ibarat setetes air yang menetes pada sebuah batu yang keras. Lama kelamaan batu yang keras itu menjadi berlobang.....juga, karena tetesan air yang tidak kenal menyerah.

5.    Membutuhkan waktu & kesabaran
Kata-kata ini mungkin bisa dijadikan motivasi : “Kesabaran, keteguhan hati, dan kerja keras adalah kombinasi untuk sukses. Karenanya, jika kamu ingin sukses, maka kamu harus siap menjalani prosesnya. Akan beda hasilnya jika kamu belajar, ketika akan ujian saja. Dengan belajar secara rutin kamu selalu siap menghadapi ujian, walaupun diadakan secara mendadak. Apa yang kamu pelajari jadi mengendap dalam pikiran dan tidak mudah lupa.
Ingat, tidak semua orang yang sukses memiliki prestasi yang bagus sejak kecil. Bahkan, tidak sedikit yang menemui masalah, seperti Rasululah sejak kecil sudah yatim piatu, bekerja mengembala kambing. Beliau mempunyai akhlak mulia & sabar, belajar, berjuang dan akhirnya menjadi manusia teladan dimuka bumi. Itulah mengapa, motivasi belajar ini memegang peran penting dalam mendukung kesuksesan seseorang. Good luck....for you !

TIME IS SWORD