Menurut William Marston, tipe kepribadian seseorang dapat diketahui berdasarkan observasi terhadap pola perilaku yang ditampilkannya. Tipe kepribadian tersebut terdiri atas tipe: dominant, inspiring, supportive, dan cautious. Tiap tipe kepribadian tersebut menggambarkan paduan dari dimensi gaya hubungan dengan orang lain, yaitu peramah (outgoing) atau pendiam (reserved) dan dimensi prioritas, yaitu berorientasi terhadap tugas (task-oriented) atau berorientasi terhadap orang (people-oriented). Hal ini divisualisasikan dalam tabel di bawah ini:
OUTGOING | |||
TASK ORIENTED | D | I | PEOPLE ORIENTED |
C | S | ||
RESERVED |
Gambar Paduan Gaya Hubungan yang menunjukkan Tipe Kepribadian:
- Tipe D (Dominant) merupakan perpaduan Outgoing dan Task-oriented.
- Tipe I (Inspiring) merupakan perpaduan Outgoing dan People-oriented
- Tipe S (Supportive) merupakan perpaduan Reserved dan People-oriented
- Tipe C (Cautious) merupakan perpaduan Reserved dan Task-oriented
Rincian karakteristik dari tiap-tiap tipe kepribadian tersebut adalah sebagai berikut:
A. TIPE “DOMINANT”
| ||
Kata-kata penjelas | Dominan (dominant), pengatur (direct), penuntut/banyak permintaan (demanding), tegas (decisive), tekun (determined), pelaku (doer) | |
Mind-set | Lakukan! Wujudkan! Raih kemenangan! Hasil! | |
Hal yang disukai
| Kegiatan, Kompetisi, Kerja keras, Melakukan sesuatu, Tantangan, Mendapatkan hasil, Menjadi pimpinan, Menyelesaikan tugas-tugas | |
Mereka adalah orang yang | Goal-oriented, tidak mudah puas, percaya diri, tabah, tekun, menyadari pentingnya prestasi | |
Dimotivasi oleh | Tantangan, pilihan, pengendalian | |
Lingkungan yang dibutuhkan | Kebebasan, kewenangan, kegiatan yang bervariasi, kesempatan berkembang | |
Gaya komunikasi | Komunikasi lugas/terus terang | |
Kelemahan | Kurang sensitif terhadap orang lain, kurang bisa santai, kurang sabar. | |
B. TIPE “INSPIRING”
| ||
Kata-kata penjelas | Bersemangat (inspiring), berpengaruh (influencing), penting (important), interaktif (interactive), mengesankan (impressive), berminat pada hubungan dengan orang lain (interrested in people) | |
Mind-set | Jadi bintang pertunjukan; bersenang-senang dan gembira! | |
Hal yang disukai | Mempengaruhi orang lain, rencana jangka pendek, membuat orang tertawa, melakukan banyak hal/kegiatan, berbincang-bincang dengan orang lain, prestise, dipandang penting. | |
Mereka adalah orang yang | Banyak bicara, pandai memulai hubungan, menyenangkan, cenderung membesar-besarkan, mudah gembira, senang menonton. | |
Dimotivasi oleh | Penghargaan, persetujuan, popularitas | |
Lingkungan yang dibutuhkan | Prestise, hubungan persahabatan, kesempatan untuk mempengaruhi orang lain, Kesempatan untuk mengilhami orang lain, kesempatan untuk mengemukakan ide. | |
Gaya komunikasi | Bersahabat dan komunikasi informal | |
Kelemahan | Kurang bisa mengelola waktu, kurang realistis, kurang mendengarkan orang lain, kurang memperhatikan penyelesaian tugas | |
C. TIPE “SUPPORTIVE”
| ||
Kata-kata penjelas | Pendukung (supportive), kokoh (steady), tabah/teguh hati (stable), ramah (sweet), peka (sensitive), sentimentil (sentimental) | |
Mind-set | Netral. Bergaullah dengan semua orang. Tidak ada konflik. | |
Hal yang disukai | Perdamaian, harmoni, ketenteraman hati, kelompok persahabatan, kerja tim, menolong orang lain, kerjasama. | |
Mereka adalah orang yang | Beorientasi kelompok (team–oriented), bersahabat, kooperatif, teman setia, peka terhadap kebutuhan orang lain, mau memahami dan menerima orang lain | |
Dimotivasi oleh | Keamanan, penghargaan, kepastian/jaminan (assurance) | |
Lingkungan yang dibutuhkan | Wilayah khusus (specialization), identifikasi dengan kelompok, pola kerja yang mapan, situasi yang stabil, lingkungan yang konsisten | |
Gaya komunikasi | Komunikasi yag hangat, terbuka, tulus. | |
Kelemahan | Sulit bila harus menghadapi perubahan, tidak mampu mengatakan “Tidak”, sulit bertindak bebas/independen | |
C. TIPE “CAUTIOUS”
| ||
Kata-kata penjelas | Hati-hati (cautious), penuh perhitungan (calculating), mampu (competent), konsisten (consistent), pemikir (contemplative), teliti (careful) | |
Mind-set | Kerjakan sesuatu dengan benar dan sempurna. Apa rencananya? Sudahkah mempertimbangkan segala sesuatunya? Apa tujuan sesungguhnya? Mengapa? | |
Hal yang disukai | Konsistensi, kerja hebat, mengerjakan dengan tepat, informasi/data, nilai (value), kualitas, segala sesuatu berjalan dengan benar, ada perencanaan, prosedur, kejujuran. | |
Mereka adalah orang yang | Berorientasi pada prosedur (procedure–oriented), mengabdikan diri pada tugas, terfokus pada detail, logis, akurat, menaruh rasa hormat (respectful) | |
Dimotivasi oleh | Jawaban berkualitas, keunggulan, nilai (value) | |
Lingkungan yang dibutuhkan | Tugas yang ditentukan dengan jelas, sumber daya dan waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas, bebas untuk mengajukan pertanyaan, resiko terbatas, tugas yang membutuhkan perencanaan dan ketepatan | |
Gaya komunikasi | Komunikasi yang logis, tepat, dan detail. | |
Kelemahan | Analisis berlebihan (over–analizyng), kurang mampu menepati deadline, perfeksionis, kurang mampu mengekspresikan perasaan, kurang memperhatikan pentingnya perasaan orang lain. |